Analisis Kebutuhan Air Bersih di PDAM Kota Pontianak Menggunakan Metode Levenberg–Marquardt

Eva Nurrizma, Muliadi Muliadi, Iklas Sanubary

Abstract


Kebutuhan air bersih di PDAM Kota Pontianak untuk golongan pelanggan sosial, nonniaga, niaga, dan industri telah dianalisis dengan menggunakan metode Levenberg-Marquardt. Hasil analisis menunjukan bahwa fungsi matematika terbaik untuk pelanggan sosial adalah polinomial orde 5 dengan nilai korelasi sebesar 0,905 dan RMSE sebesar 4,77×102. Kemudian untuk pelanggan nonniaga dan pelanggan niaga, fungsi matematika terbaik adalah polinomial orde 6 dengan nilai korelasi masing-masing pelanggan adalah 0,956 dan 0,878 serta RMSE sebesar 9,25×104 dan 2,91×104. Selanjutnya untuk pelanggan industri, fungsi matematika terbaik adalah polinomial orde 4 dengan nilai korelasi sebesar 0,719 dan RMSE sebesar 8,43×102 . Berdasarkan fungsi matematika yang telah diperoleh, hasil prediksi kebutuhan air bersih dari tahun 2017 hingga tahun 2019 menunjukkan bahwa golongan pelanggan niaga memiliki peningkatan yang paling tinggi dengan rata-rata laju pertumbuhan sebesar 80,4%.

Full Text:

PDF PDF

References


Ketentuan Umum Permenkes R.I No:416/MENKES/PER/IX/1990, n.d. Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air.

Badan Pusat Statistik, 2015. Banyaknya Air PDAM yang disalurkan (M3) Menurut Jenis Konsumen di Kota Pontianak. Pontianak: BPS.

Hasan, V.N.P., Mahmudy, W.F. & Sarwani, M.Z., 2016. Pemodelan Regresi Non Linear Menggunakan Algoritma Genetika untuk Prediksi Kebutuhan Air PDAM Kota Malang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), III , pp.59-65.

Wijanarko, A., 2011. Analisis Kebutuhan dan Ketersediaan Air Bersih Unit Kedawung PDAM Sragen. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Grandis, H., 2009. Pengantar Pemodelan Inversi Geofisika. ITB,Bandung: Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI).

Yudha,A., 2012. Identifikasi Struktur Bawah Tanah di Kelurahan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas dan Inversi Levenberg-Marquardt. Jurnal Positron Jurusan Fisika,II, pp.06-11.

Wrede, R. & R.Spiegel, M., 2006. Teori dan Soal-soal Kalkulus Lanjut. kedua ed. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/logo_untan_kecil_134

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura

Alamat Redaksi:

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Komp. Fakultas MIPA, Untan, Pontianak, Kode Pos: 78124, E-mail: prismafisika@physics.untan.ac.id

Template MS Word Download Disini http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/simbol_ms_word_kecil_82Klik ikon untuk melihat Statistik Jurnal: http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/statistic_kecil_50

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.