Sintesis dan Karakterisasi Karbon Aktif dari Limbah Serbuk Kayu Bengkirai sebagai Adsorben Logam Fe pada Air Gambut

Alif Nurhadiansyah, Irfana Diah Faryuni, Boni Pahlanop Lapanporo

Abstract


Telah dilakukan sintesis dan karakterisasi karbon aktif dari limbah serbuk kayu bengkirai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas karbon aktif kayu bengkirai dalam menyerap logam Fe pada air gambut. Serbuk kayu bengkirai dikarbonisasi pada suhu 500°C selama 2 jam, kemudian diaktivasi dengan larutan asam klorida (HCl) dan larutan asam fosfat (H3PO4) dengan konsentrasi tiap aktivator sebesar 25%. Setelah itu karbon diaktivasi secara fisika dengan menggunakan suhu kalsinasi 700°C, 800°C, dan 900°C. Kemudian karbon aktif diujikan sebagai adsorben dengan parameter logam Fe pada air gambut. Sebanyak 1,0 g karbon aktif serbuk kayu bengkirai dimasukkan ke dalam 1000 mL air gambut. Air gambut yang digunakan berasal dari air parit yang terletak di titik koordinat 00o06’34.5” LU dan 109o24’27.5” BT. Dari penelitian yang telah dilakukan, karbon aktif dari serbuk kayu bengkirai dengan ukuran pori terbesar dihasilkan oleh karbon aktif yang diaktivasi mengunakan larutan asam fosfat pada suhu 800°C yakni 9,88 µm dan efektivitasnya dalam menyerap logam Fe pada air gambut yaitu 35,1%.

Kata kunci :Karbon Aktif, Kayu Bengkirai, Fe, Air Gambut, Asam Fosfat, Asam Klorida

Full Text:

PDF

References


Bahri, S., 2007. Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu untuk Pembuatan Beriket Arang dalam Mengurangi Pencemaran Lingkungan di Nanggroe Aceh Darussalam. Tesis. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara

Sembiring, T., Meilita dan Sinaga, S., Tuti, 2003, Arang Aktif (Pengenalan dan Proses Pembuatannya). Laporan Penelitian. Fakultas Teknik Industri.Universitas Sumatra Utara: Sumatra Utara.

Jamilatun, S. & Setyawan, M., 2014. Pembuatan Arang Aktif dari Tempurung Kelapa dan Aplikasinya untuk Penjernihan. Spektrum Industri, 12(1), pp.98-112.

Bahtiar, A., Faryuni, I.D. & Jumarang, M.I., 2015. adsorbsi logam Fe menggunakan adsorben karbon aktif kulit durian teraktivasi larutan kalium hidroksida. PRISMA FISIKA, 3(1), pp.05-08.

Yusra, A., Yusnimar & Drastinawati, 2016. Penentuan Daya Jerap Karbon Aktif dari Meranti Merah Terhadap Ion Fe(III). Jom FTEKNIK, 03(02), pp.-.

Esterlita, M.O. & Herlina, N., 2015. PENGARUH PENAMBAHAN AKTIVATOR ZnCl2, KOH, DAN H3PO4 DALAM PEMBUATAN KARBON AKTIF DARI PELEPAH AREN (Arenga Pinnata). Jurnal Teknik Kimia, 04(01), pp.-.

Putra, Z., 2013. Pembuatan dan Karakterisasi Karbon Aktif Kayu Bakau dengan Aktivasi Fisika sebagai Filter Penjernih Air Sungai Tamiang melalui Proses Elektrokoagulasi. Tesis. Medan: Magister Ilmu Fisika Universitas Sumatra Utara.

Apriani, R., Faryuni, I.D. & Wahyuni, D., 2013. Pengaruh Konsentrasi Aktivator Kalium Hidroksida (KOH) terhadap Kualitas Karbon Aktif Kulit Durian sebaga Adsorben Logam Fe pada Air Gambut. PRISMA FISIKA, 1(2), pp.82-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/logo_untan_kecil_134

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura

Alamat Redaksi:

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Komp. Fakultas MIPA, Untan, Pontianak, Kode Pos: 78124, E-mail: prismafisika@physics.untan.ac.id

Template MS Word Download Disini http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/simbol_ms_word_kecil_82Klik ikon untuk melihat Statistik Jurnal: http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/statistic_kecil_50

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.