Kajian Pola Angin Permukaan di Bandara Supadio Pontianak

Sariana Sariana, Muhammad Ishak Jumarang, Riza Adriat

Abstract


Telah dilakukan sebuah kajian tentang pola angin permukaan yang ada di Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola arah angin permukaan dan angin yang memotong landasan pacu di Bandara Supadio Pontianak. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data arah angin permukaan harian di bandara Supadio dengan waktu pengamatan selama 24 jam untuk tahun 2016 yang diperoleh langsung dari BMKG Supadio. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu menghitung distribusi relatif arah angin, membuat diagram windrose dan menghitung komponen crosswind. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa selama tahun 2016 arah angin berhembus dari Timur Laut (12,16%), Selatan (11,22%) dan Barat (13,1%) dengan kecepatan angin rata-rata menunjukkan rentang nilai dari 4 s.d 7 knot, serta sebagian besar didominasi oleh angin teduh (calm) yang memiliki kecepatan sebesar 0 knot dengan persentase 54,98%. Pola angin tersebut dominan dipengaruhi oleh angin monsun dimana pada musim timur arah angin yang melewati Pontianak adalah angin Timur Laut dan Selatan, sebaliknya pada musim barat arah angin yang dominan adalah angin Barat dan Timur Laut. Pada saat monsun barat persentase kecepatan angin yang melebihi 7 knot yaitu 5,21% dan pada saat monsun timur yaitu 4,3%. Crosswind yang kecepatannya melebihi 20 knot sangat berbahaya terhadap aktivitas penerbangan. Perhitungan yang telah dilakukan diperoleh bahwa frekuensi kejadian crosswind yang paling banyak adalah angin dengan kecepatan 5 s.d 10 knot yaitu sebanyak 5,83%, 10 s.d 15 knot sebanyak 0,65% dan 15 s.d 20 knot sebanyak 0,1%. Crosswind yang melebihi kecepatan 20 knot tidak terdapat disepanjang tahun 2016 sehingga aman dilakukannya penerbangan.

 

Kata Kunci : Angin Permukaan, Crosswind dan Windrose


Full Text:

PDF

References


Juniarti, V., Harjupa, W. and Sunarsih I., Perilaku Curah Hujan di Kalimantan Barat (Pontianak, Ketapang, Putussibau, Sintang dan Sambas), in Prosiding Seminar Nasional Sains Atmosfer, LAPAN, pp. 305-310, 2010.

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, [Online]. Available from: https://maritim.kalbar.bmkg.go.id ,(accessed 6 April 2017).

Baihaqie., Ihwan, A. and Jumarang, M. I., Kajian Karakteristik Angin dan Potensi Energi Angin di Kota Pontianak, Jurnal Aplikasi Fisika, 5(2), Pontianak, 2009.

Darwinsyah., Analisa Variasi Angin Permukaan Dengan Menggunakan Metode Wind Rose di Landasan Udara Maimun Saleh Sabang Dari Tahun 2006 - 2010, Akademi Meteorologi dan Geofisika, Tangerang, 2012.

Makaruku, E. L., Analisa Angin Permukaan Dan Besarnya Presentase Angin Yang Memotong Landasan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Periode 2002-2011, Akademi Meteorologi dan Geofisika, Tangerang, 2012.

Tambunan, N. N., Tinjauan Arah Landas Pacu Bandar Udara Mutiara Palu Terhadap Arah dan Laju Angin, Akademi Meteorologi dan Geofisika, Tangerang, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/logo_untan_kecil_134

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura

Alamat Redaksi:

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Komp. Fakultas MIPA, Untan, Pontianak, Kode Pos: 78124, E-mail: prismafisika@physics.untan.ac.id

Template MS Word Download Disini http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/simbol_ms_word_kecil_82Klik ikon untuk melihat Statistik Jurnal: http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/statistic_kecil_50

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.