Identifikasi Jenis Akuifer di Kawasan Jungkat Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Dipole–Dipole

Yoga Purnama, Muhammad Ishak Jumarang, Muliadi Muliadi

Abstract


Lapisan akuifer merupakan suatu lapisan tanah yang mampu menampung dan mengalirkan air dengan baik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi lapisan akuifer adalah metode Geolistrik Resistivitas. Penelitian ini mengidentifikasi jenis akuifer menggunakan metode Gelistrik Resistivitas konfigurasl Dipole – Dipole. Lokasi penelitian berada pada koordinat  0°3'44"LU s.d 0°3'50"LU dan 109°11'58"BT s.d 109°12'2"BT. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak Res2Dinv untuk memetakan lapisan dua dimensi di bawah permukaan pada lokasi penelitian. Pengambilan data dilakukan pada empat lintasan. Jarak antar elektroda untuk Lintasan 1 dan 2 adalah 10 m dengan panjang lintasan 150 m dan untuk Lintasan 3 dan 4 memiliki jarak antar elektroda 7 m dengan panjang lintasan 105 m. Hasil pengolahan data menunjukkan akuifer berada  pada kedalaman  10 m s.d  23 m dengan nilai resistivitas antara  0 Ωm s.d  50 Ωm. Dengan memperhatikan hasil pengolahan data dan faktor geologi di sekitar lokasi penelitian maka dapat disimpulkan bahwa akuifer yang terdapat di lokasi penelitian merupakan akuifer alluvial yang termasuk kedalam jenis akuifer bebas. Lapisan yang menyusun akuifer diduga berasal dari endapan sedimen yang terbawa oleh arus sungai dan terkumpul dalam jangka waktu yang lama.

Kata Kunci : Geolistrik,  Dipole – Dipole, Akuifer 

Full Text:

PDF

References


Hamzah, M.S., Hidrologi Pantai Dan Kebutuhan Air Masyarakat Pesisir, Fisika "FUSI", 9(1), 68-76, 2011.

Herlambang, A., Kualitas Air Tanah Dangakal di Kabupaten Bekasi, Tesis, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 1996.

Hendrajaya, L. dan Idam, A., Geolistrik Tahanan Jenis, Laboratorium Fisika Bumi Jurusan Fisika FMIPA, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 1990.

Google Earth, Desa Jungkat, Http://www.earthgoogle.com, (accessed 28 Mei 2017).

Telford, W. M.; Geldard, L. P.; Sherrif, R. E.; and Keys, D. A., Applied Geophysics, (ed(2).), Cambridge University Press, Newyork, London, Melbourne, 1990.

Santoso, D., Pengantar Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2002.

Santoso, A., Buku Panduan Praktikum Geolistrik, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Yogyakarta, 2015 .

Suwarna, N. dan Langpord, R., Peta Geologi Lembar Singkawang, Kalimantan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung, 1993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/logo_untan_kecil_134

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura

Alamat Redaksi:

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Komp. Fakultas MIPA, Untan, Pontianak, Kode Pos: 78124, E-mail: prismafisika@physics.untan.ac.id

Template MS Word Download Disini http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/simbol_ms_word_kecil_82Klik ikon untuk melihat Statistik Jurnal: http://jurnal.untan.ac.id/public/site/images/opprisma/statistic_kecil_50

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.