PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN METODE PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dian Dinarti, Siti Halidjah, Endang Uliyanti

Abstract


Abstrak: Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 34 Pontianak Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi dengan metode peta pikiran Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dan bersifat kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VB SDN 34 Pontianak Kota.Teknik pengumpul data adalah observasi langsung dan pengukuran. Alat pengumpul data adalah lembar observasi (IPKG 2) dan unjuk kerja siswa. Dari data yang diperoleh hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran terhadap guru dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (2,65), (3,32), (3,74) . Hasil penilaian menulis karangan narasi dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (61,8), (73,15), (81,11). Kesimpulan, proses pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menulis karangan narasi dengan metode peta pikiran pada siswa kelas V mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Peningkatan, Karangan Narasi, Metode Peta Pikiran

Abstract: Improving writing ability on narrative essay through mind mapping method in bahasa Indonesia subject. The purpose of this research is to improve students writing ability through mind mapping method. The subjects of this research are the bahasa Indonesia teacher and the fifth grade students of SDN 34 Pontianak Kota. The techniques of data collecting are direct observation and measurement. The tool of data collecting is direct observation and the result of students writing. The tool is also collected from the result of implementation of learning assesment toward the teacher, it started from base line until second cycle with the average score is (2,65), (3,32), (3,74). The average score of the assesment of students essay writing on narrative from base line until second cycle is (61,8), (73,15), (81,11). The process of learning implementation and the ability to write a narrative essay of fifth grade students have increased.

Key Word: Improving, Narrative Essay, Mind Mapping Method

Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats