PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR

Abdullah Mubarak, Suhardi Marli, Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan peningkatan  motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media berbasis powerpoint pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IIIA SD Negeri 34 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi tentang motivasi belajar peserta didik dan lembar penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil analisis data menunjukkan  terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik pada siklus pertama sebesar 75,4%, pada siklus kedua sebesar 84%, dan pada siklus ketiga mencapai 89%. Sedangkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis powerpoint dilihat dari peningkatan skor rata-rata disetiap siklusnya. Skor rata-rata pada siklus pertama sebesar 3,55, pada siklus kedua sebesar 3,6, dan pada siklus ketiga mencapai 3,94.

 

Kata Kunci : Motivasi, Media Powerpoint

The purpose of this study was to describe the increase in the motivation of learners by using media based on learning powerpoint Social Sciences class IIIA 34 Pontianak City Elementary School. The method used was descriptive method in form of a Classroom Action Research. Subjects were students of class IIIA, consist of 35 participants. Data collection techniques used are direct observation techniques with a data collection tool that observation sheet on learners' learning motivation and capability assessment sheets teachers in implementing the learning. This research was conducted for 3 cycles. The results showed an increase in the motivation of learners in the first cycle of 75.4%, in the second cycle of 84%, and in the third cycle reached 89%. While the ability of teachers to implement media-based learning using powerpoint seen from the increase in the average score in each cycle. The mean score of 3.55 in the first cycle, the second cycle of 3.6, and in the third cycle reached 3.94.

Keywords: Motivation, Powerpoint Media

 


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats