PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR TEKNIK KONDAKTING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah (1) pendeskripsian proses peningkatan motivasi siswa dalam belajar teknik kondakting dengan menggunakan media audio visual di kelas VII SMP Negeri 19 Pontianak, (2) pendeskripsian hasil peningkatan motivasi siswa dalam belajar teknik kondakting dengan menggunakan media audio visual di kelas VII SMP Negeri 19 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Ketiga siklus tersebut mengimplementasikan tindakan untuk peningkatkan motivasi siswa dalam belajar teknik kondakting dengan menggunakan media audio visual. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa kelas VII D. Berdasarkan masalah pertama untuk proses peningkatan motivasi siswa dalam belajar teknik kondakting memperoleh peningkatan persentase dari siklus 1 sebesar 5,5%, siklus II 5,5%, dan siklus III 18%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada setiap pelaksanaan siklus. Selanjutnya untuk permasalahan kedua mengenai hasil peningkatan motivasi siswa dalam belajar teknik kondakting dengan menggunakan media audio visual diperoleh nilai rata-rata persentase dari siklus 1 sebesar 54,5%, siklus II 60%, dan siklus III 78%. Hal ini berarti setiap pelaksanaan siklus mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran praktek teknik kondakting menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa disetiap siklus.
Kata Kunci: audio visual, teknik kondakting, motivasi belajar.
Abstract: The purpose of this study was (1) the description of the process of increasing student motivation in learning conducting techniques using audio-visual media in class VII SMP Negeri 19 Pontianak, (2) description of the results of the increase students' motivation in learning conducting techniques using audio-visual media in class VII SMP Negeri 19 Pontianak. The method used in this research is descriptive method of research that forms the Classroom Action Research (CAR). Classroom action research conducted for 3 cycles. The third cycle of implementing measures to increase student motivation in learning conducting techniques using audio-visual media. Samples taken in this study were 40 students of class VII D. Based on the first problem for the process of increasing student motivation in learning techniques to obtain an increase in the percentage of conducting 1 cycle at 5.5%, 5.5% the second cycle, and the cycle III 18% . This shows an increase at each execution cycle. Further to the second issue concerning the results of the increase students' motivation in learning conducting techniques using audio-visual media obtained an average value of the percentage of first cycle of 54.5%, the second cycle of 60%, and the third cycle 78%. This means that each execution cycle has increased significantly. The conclusion of this study is a learning practice conducting techniques using audio-visual media can increase students' motivation in every cycle.
Keywords: audio-visual, conducting techniques, motivation to learn.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats