PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V

Ramadhani F37007026, Tahmid Sabri, Siti Halidjah

Abstract


Abstrak :Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan siswa kelas V melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan siswa melalui media lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Skor RPP keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada siklus I 16,99 dengan rata-ratanya 3,40, pada siklus II meningkat 18,59 dengan  rata-ratanya 3,72. Pembelajaran siklus I mengalami peningkatan skor menjadi 14,52 dengan rata-ratanya 3,63, pada siklus II meningkat 15,68 dengan  rata-ratanya 3,92. Hasil keterampilan menulis karangan deskripsi untuk sistematika tulisan pada siklus I  64,14 %, meningkat pada siklus II menjadi 66,30%. Kesan penginderaan pada siklus I 64,80%, dan meningkat pada siklus II menjadi 72,16%. Ejaan dan tanda baca siklus 62,52%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 67,57%.

 

Kata kunci: karangan deskripsi, media lingkungan sekitar

 

Abstract: Exploiting the Environment Around To Improve Writing Skills In Student Essay Description Class V. The purpose of this study was to describe the increase in students' essay writing skills through the use of the V-class environment as a learning resource. The method used in this research is descriptive method, studies were performed to describe the students' essay writing skills through the medium of the environment as a learning resource. Score RPP description essay writing skills to use the media environment as a learning resource in the first cycle with the average 16.99 3.40, 18.59 in the second cycle increases averaging 3.72. Learning cycle I increased the score to 14.52 with the average of 3.63, the second cycle increases the average 15.68 with 3.92. Results of essay writing skills writing descriptions for systematics 64.14% in the first cycle, increased in the second cycle becomes 66.30%. Sensing impression in the first cycle 64.80%, and increased in the second cycle becomes 72.16%. Spelling and punctuation cycle of 62.52%. In the second cycle be increased 67.57%.

 

Keywords: bouquet of description, the media environment


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723