PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI

Wihilma Wiwin, Christanto Syam, Maridjo Abdul Hajmy

Abstract


Abstrak: Penelitian yang berjudul Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 28. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sifat penelitian ini kualitatif dan jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang didalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan teman sejawat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan  pengukuran. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal-soal tes. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas fisik 66,67%, aktivitas mental 44,87%, aktivitas emosional 65,38%. Siklus II aktivitas fisik 76,92%, aktivitas mental 58,97%, aktivitas emosional 76,92%. Siklus III aktivitas fisik 97,44%, aktivitas mental 80,77%, aktivitas emosional 86,54%. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode inkuri pada pembelajaran IPA Kelas IV SDN 28.

Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas Belajar, Metode Inkuiri

Abstract: Study titled increased Improving Science Learning Activity Using the Inquiry Method Grade IV Elementary School 28. This study aims to determine the increase in the student activity using the inquiry method. The research method used is descriptive qualitative nature of this study and this type of research is a class act (PTK) in the implementation collaborate with colleagues. The subjects in this study were fourth grade students. Data collection techniques in this study is the direct observation and measurement. While the data collection tool used is the observation sheet and test questions. The research was conducted for 3 cycles. The calculations show that in the first cycle of physical activity 66.67%, 44.87% mental activity, emotional activity of 65.38%. Cycle II 76.92% of physical activity, mental activity, 58.97%, 76.92% emotional activity. Cycle III physical activity 97.44%, 80.77% mental activity, emotional activity of 86.54%. Based on the data   obtained shows that there is an increase in studens learning activity using inkuiri on science learning Elementary School Fourth Grade 28

 

Keywords : Improvement, Learning Activities, Methods of Inquiry


Refbacks

  • There are currently no refbacks.