HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 04 Sungai Raya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif.Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif antara variabel bebas (X) yaitu kesiapan belajar dengan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar kelas XI IPS sebesar 0.417 yang dikategorikan sedang. Koefisien determinasi (Kd) hubungan antara variabel X dan variabel Y sebesar 17.38%,dan sisanya sebesar 82.62% berhubungan dengan variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Setelah diadakan uji hipotesis dengan membandingkan r hitung terhadap r tabel didapat bahwa r hitung lebih besar dari pada r tabel yaitu 0.417 > 0.378, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel bebas (X) yaitu kesiapan belajar dengan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar kelas XI IPS.
Kata kunci :Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
Abstract:The aim of researchto determine the relationshipbetweenreadinessto learnthelearning outcomes of studentsof class XIIPSsemesteron the subjects ofsociologyatSMAN04SungaiRaya. It is a qualitative descriptive research. The results showedthatthere is apositive relationshipbetweenthe independent variable(X) isthe readinessto learnwith the dependent variable(Y) isstudyingin class XIIPSresultsfor0.417arecategorized asmoderate. While thedetermination coefficient(Kd) relationshipbetweenvariables X andYat17:38%, And the balance of 82.62% associated with other variables that are not included in this study. Having held hypothesis testing by comparing r count against r table obtained that r count is greater than the r table is 0.417> 0.378, so that Ha Ho accepted and rejected. Thus it can be said that there is a positive relationship between the independent variable (X) is the readiness to learn with the dependent variable (Y) is the result of studying in class XI IPS.
Keywords:ReadinessLearning, Learning Outcomes
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats