ANALISIS PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENEMPEL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Febriana Budiarti, Indri Astuti, Abas Yusuf

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, media, metode yang digunakan, serta kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran sentra bahan alam untuk mengembangkan kreativitas menempel anak usia 5-6 tahun di Ra Al-Iman Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 1 guru sentra bahan alam dan anak kelompok B. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan guru cukup baik. Adapun kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran sentra bahan alam adalah guru kurang menyiapkan media pembelajaran dan kondisi anak yang tidak baik sehingga anak tidak mau melakukan kegiatan menempel. Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah tersebut adalah sehari sebelum melakukan pembelajaran, guru terlebih dahulu mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dan peserta didik yang tidak mau melakukan kegiatan menempel di bujuk, dan diberikan waktu sendiri untuk menyelesaikan kegiatan menempel menggunakan bahan alam.

Kata Kunci : Sentra bahan alam, Kreativitas menempel

Abstract: This study aimed to describe the planning, implementation, media, methods used, and the constraints faced by teachers in implementing the learning model of the central natural materials to develop sticking creativity at children aged 5-6 years in RA Al-Iman Pontianak. This study uses descriptive method with qualitative approach. Research samples are one teacher of the central natural materials and children of group B. The results of data analysis showed that the planning and implementation done fairly by the teacher. The difficulties experienced by teachers in the learning model of the central natural is teachers less prepared the learning media and the conditions of the children were not good so the children does not want to do the sticking activities. Efforts that teachers do to face of such problems is a day before the learning, teachers must prepare the media that will be used and students who do not want to do sticking activities be persuaded , and given their own time to complete the sticking activities using natural materials.

Keywords :  Model of the central natural materials, Sticking creativity.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats