PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 16 KETAPANG
Abstract
Abstrak : Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya aktivtas pembelajaran yang dilaksanakan sebelumnya.Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Nanga Tayap Ketapang.Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dalam bentuk survey kelembagaan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 16 Nanga Tayap Ketapang. Langkah-langkah penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun data dalam penelitian ini yaitu hasil observasi guru dalam melaksanakan. Alat pengumpul data lembar observasi dan LKS. Hasil penelitian Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terdiri dari aktivitas fisik pada penelitian awal sebesar 33,75%, pada siklus 1 meningkat menjadi sebesar 46,25%. Pada siklus 2 aktivitas fisik meningkat sebesar 80% terjadi peningkatan sebesar 46,25%,dengan kategori cukup tinggi. Untuk aktivitas mental pada penelitian awal sebesar 30%. Pada siklus 1 meningkat sebesar 41,67%, pada siklus 2 aktivitas mental meningkat sebesar 81,66% Terjadi peningkatan gari base line ke siklus 2 sebesar 51,66% dengan kategori cukup tinggi. Untuk aktivitas emosional pada penelitian awal sebesar 33,33 %, pada siklus 1 meningkat sebesar 38,33%, pada siklus sebesar 81,66%, terjadi peningkatan sebesar 48,34% dengan kategori cukup tinggi.
Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas, Pendekatan saintifik , Pembelajaran Tematik
Abstract: This study in the background backs by lack aktivtas sebelumnya.Tujuan study conducted this research that enhances the activity of learners in thematic learning to use the scientific approach in Public Elementary School fourth grade 16 Nanga Tayap Ketapang.Metode used in this research is descriptive method in the form of institutional survey. Subjects were fourth grade students of SDN 16 Nanga Tayap Ketapang. The steps of research carried out in four phases: planning, implementation, observation and reflection. The data in this study is the observation of teachers in performing. Data collection tool observation sheets and worksheets. The results of the research activities of learners in thematic learning consists of physical activity in early studies of 33.75%, in the first cycle to increase and reached 46.25%. In the second cycle of physical activity increased by 80% an increase of 46.25%, with a fairly high category. For mental activity in early studies by 30%. In the first cycle increased by 41.67%, the second cycle of mental activity increased by 81.66% An increase in handcuffs base line to the second cycle of 51.66% with a fairly high category. For emotional activity in early studies of 33.33%, the first cycle increased by 38.33%, 81.66% of cycle, an increase of 48.34% with a fairly high category.
Keywords: Improvement, activity, scientific approach, Thematic Learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats