PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DI KELAS II
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengurutkan bilangan sampai 500 menggunakan media manipulatif dikelas II SDN 02 Sidas Kab. Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari I kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian yang diperoleh pada Kemampuan Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I total 14,50 atau rata-ratanya 2,90, pada siklus II meningkat menjadi 16,92 atau rata-ratanya 3,38. Hasil penelitian yang di peroleh pada Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran pada siklus I total 11,38 atau rata-ratanya 2,85, pada siklus II meningkat menjadi 13,33 atau rata-ratanya 3,34. Hasil penelitian yang diperoleh pada hasil belajar siswa pada siklus I total rata-ratanya 47,20, pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 70,40. Dari analisis data yang diperoleh bahwa menggunakan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 02 Sidas Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak pada pembelajaran matematika tentang mengurutkan bilangan sampai 500.
Kata kunci: Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Abstract: This study aimed to describe the improvement of student learning outcomes in learning to sort the numbers up to 500 using manipulative media class II SDN 02 Sidas Kab. Landak. The method used in this study with a descriptive method forms a classroom action research is collaborative. This research was conducted by 2 cycles, each cycle consisting of the first meetings. Subjects in this study were teachers and students of class II, which amounts to 25 people. The results obtained on the ability of teachers Developing a Lesson Plan on the first cycle a total of 14.50 or the average of 2.90, the second cycle increased to 16.92 or average is 3.38. Research results obtained in the Master Implement Learning Ability in the first cycle total average 11.38 or 2.85, in the second cycle increased to 13.33 or 3.34 average. The results obtained on the learning outcomes of students in the first cycle the average total of 47.20, the second cycle increased to an average of 70.40. From the analysis of the data obtained that uses manipulative media can improve student learning outcomes class II SDN 02 Sidas District of Sengah Temila Porcupine District in mathematics learning of the sequence numbers to 500.
Keywords: Media manipulatives, Learning Outcomes, Learning Mathematics
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats