PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: latar belakang penelitian ini adalah masalah hasil belajar siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran penggunaan metode bermain peran terhadap peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran PKn kelas VI SDN 13 kecamatan Sebangki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan dokumen hasil belajar. Alat yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes . Penelitian dilakukan dalam dua siklus. pada siklus I IPKG 1 sebesar 2,18 dan IPKG 2 sebesar 2,29 kemudian pada siklus II IPKG 1 sebesar 3,10 dan IPKG 2 sebesar 3,57. Sedangkan Pada siklus I hasil belajar siswa, siswa yang tuntas 43% dan yang tidak tuntas 57%. Pada siklus II hasil belajar siswa, siswa yang tuntas 82,6% dan yang tidak tuntas 17% . Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas VI SDN 13 Kecamatan Sebangki.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, dan PKn .
Abstract: This research background is a matter of learning outcomes of students during the learning process takes place. The goal is to get an overview of the use of methods play a role to increase learning outcomes in teaching civics class VI SDN 13 sub Sebangki. The method used is descriptive method with qualitative approach. Form of research is classroom action research. Collecting data using observation, and document learning outcomes. The tool used is a matter of observation and tests. The study was conducted in two cycles. in the first cycle was 2.18 IPKG 1 and 2 of 2.29 IPKG then on the second cycle of 3.10 and IPKG 1 IPKG 2 of 3.57. While the first cycle of student learning outcomes, students who complete 43% and 57% incomplete. In the second cycle students' learning outcomes, students who completed 82.6% and 17% incomplete. This shows that the use of role-playing method can improve learning outcomes of students in the sixth grade Civics Sebangki SDN 13 districts.
Keywords: Methods Role Playing, Learning Outcomes, and Civics.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats