MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Penggolongan Hewan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Setanduk Kecamatan Capkala Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskusi dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah 24 siswa. Penelitian ini direncanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I tingkat keberhasilan mencapai 87,5% dan pada siklus II mencapai 100%. Dengan demikian, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode diskusi di Sekolah Dasar perlu diterapkan sebagai suatu pembelajaran yang baik karena dapat mengaktifkan dan mengoptimalkan kemampuan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : IPA, Metode Diskusi, Hasil Belajar.
Abstract: This study aims to determine the completeness of student learning outcomes in the Natural Sciences learning material class IV Classification of Animals in Public Elementary School District of Capkala 03 Setanduk Bengkayang. The method used is the method of discussion with the research design used was classroom action research (PTK). The sample was 24 students. The study was planned in two cycles. The results showed in the first cycle success rate reached 87.5% and in the second cycle to 100%. Thus, the learning of Natural Sciences using the method of discussion in elementary schools need to be applied as a good learning because it can enable and optimize the ability of the students and to improve student learning outcomes.
Keywords: science, Discussion Methods, Results Learning.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats