PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN TEKNIKINDEX CARD MATCH

. Kristina, Hery Kresnadi, K. Y. Margiati

Abstract


Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pawis Jelimpo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06  Pawis Jelimpo yang berjumlah 20 orang, dengan setting penelitian yaitu setting dalam kelas. Teknik pengumpal data yang digunakan teknik observasi langsung.Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi.Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) penyusunan RPP telah dilaksanakan dengan baik. Proses pelaksanaan pembelajaran juga telah dilaksanakan dengan baik. Aktivitas Fisik peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat dari 51,67% di siklus 1 menjadi 83,33% disiklus 2. Meningkat sebesar 31,66% dengan kategori baik. Aktifitas Mental meningkat dari 51,67% di siklus 1 menjadi 85% di siklus 2 meningkat sebesar 33,33% dengan kategori baik. Aktifitas Emosional meningkat dari 56,67% di siklus 1 menjadi 83,33% di siklus 2 meningkat sebesar 26,66% dengan kategori baik.

Kata Kunci : teknik index card match, aktivitas.

 

Abstract. The purpose of this study was to describe the increase in the activity of learners in the learning Citizenship Education Public Elementary School fourth grade 06 Pawis Jelimpo. The method used in this research is descriptive method, while the form of research is the Classroom Action Research (CAR). Subjects in this study were students of State Elementary School fourth grade 06 Pawis Jelimpo totaling 20 people, with a research setting that is in a class setting. Techniques pengumpal data used direct observation techniques. While the data collection tool is the observation sheet.The results achieved in this study were (1) the preparation of lesson plans have been implemented properly. The process of implementation of learning have also been implemented properly. Physical Activity learners in the learning process increased from 51.67% in cycle 1 to 83.33% cycled 2. An increase of 31.66% in both categories. Mental activity increased from 51.67% in cycle 1 to 85% in cycle 2 increased by 33.33% in both categories. Emotional activity increased from 56.67% in cycle 1 to 83.33% in cycle 2 increased by 26.66% in both categories.

Keywords: index cards match techniques, activities, civic education.




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.