PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK KECAKAPAN MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Abstrak: Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk kecakapan menulis pantun Kelas VII di SMPN 6 Ketapang. Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Dengan konsep itu,hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk kecakapan menulis pantun di Kelas VII SMPN 6 Ketapang. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 6 Ketapang Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah bahwa secara umum penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk kecakapan menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 6 Ketapang sudah baik. Perencanaan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang disusun oleh guru sangat baik. RPP yang disusun sudah memasukkan komponen-komponen yang ada dalam RPP berbasis kontekstual. dan dibuat berdasarkan tahap demi tahap. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang dilakukan guru sangat baik.
Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual, Menulis Pantun
Abstract: Issues raised in this research is the application of contextual learning approach to writing rhymes prowess in Class VII SMP 6 Ketapang. Contexstual learning approach is the concept of learning that helps teachers link between the material being taught to real world situations students and encourage students to make connections between the knowledge he has with the application in their lives. With this concept, the learning outcomes expected to be more meaningful for students. This study is a qualitative descriptive study aimed to determine the application of contextual learning approach for poem writing skills in Grade VII SMP 6 Ketapang. The subjects were students and teachers Indonesian Junior High School seventh grade 6 Ketapang Engineering Data collection in this study using observation, interviews, and documentation studies. Analysis of the data in this study using the qualitative data analysis procedures of data reduction, data display and conclusion / verification. The results based on the general formulation of the problem that the application of contextual learning approach to writing prowess poem in class VII SMP 6 Ketapang is good. Planning learning with contextual approach prepared by an excellent teacher .
Keyword : Contextual Learning Approach, writing rhymes
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.8043
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats