ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK DI TK ISLAM AL-KAUTSAR

Tri Wirawati, M. Syukri, Halida .

Abstract


This study entitled "Analysis of Thematic Learning Implementation in Developing Independence Children In Islam Al-Kautsar Kindergarten" This study aims to reveal the implementation of thematic learning to develop independence children aged 5-6 years in kindergarten Islam Al-Kautsar Pontianak. The research method is used: a qualitative descriptive aproach. The results showed that: The planning of learning refers to the Ministerial Regulation No.58 of 2009, RKM, RKH, a collection of indicators, center guide, the annual program of activities, parents and teachers, and the results meeting. The learning methods are used by teachers are: storytelling, conversation, demonstrations, giving assignments, projects, and field trips. The media are used: namely books, television, games, thrift, blackboards, etc. The constraints faced by teachers are: lack of time, the media, and parents co-operation.

 

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dalam Mengembangkan Kemandirian Pada Anak Di TK Islam Al-Kautsar” Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pelaksanaan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Kautsar Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah: deskriptif bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan pembelajaran mengacu pada Peraturan Menteri No.58 Tahun 2009, RKM, RKH, kumpulan indikator, panduan sentra, program kegiatan tahunan, panduan orang tua dan guru, dan hasil raker. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah; bercerita, bercakap-cakap, demonstrasi, pemberian tugas, proyek, dan karya wisata. Media pembelajaran yang digunakan yaitu; buku cerita, televisi, alat permainan, barang bekas, papan tulis, dan sebagainya. Kendala yang dihadapi guru adalah; terbatasnya waktu, media, dan kerja sama orang tua.

 

Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Kemandirian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.