PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL DI SD
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model kontekstual pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Singkawang Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, sedangkan bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi.
Penalitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Prosedur penelitian menggunakan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh adalah aktivitas siswa siklus I 54 %, siklus II 62,39 %, dan siklus III 90,27 %, meningkat 36,27 %. Dengan menggunakan model kontekstual dapat meningkatkan aktifitas siswa pada pembelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Singkawang Barat.
Kata kunci: Aktivitas, Pembelajaran, matematika, Kontekstual.
Abstract: The purpose of this research was to describe the increase in the activity of learning mathematics model of contextual learning in class III Elementary School 06 West Singkawang. The method used in this study is descriptive, while the study is a form of action research, in collaboration with colleagues implementation. The subjects were students of class III, amounting to 24 people. Techniques for collecting data in this study is the technique of direct observation and indirect communication. While the data collection tool used in this study is the observation sheet.
This Penalitian conducted three cycles. Research procedures using the planning, implementation, observation and reflection. Results obtained is student activity 54% first cycle, second cycle 62.39%, 90.27% and third cycle, increased 36.27%. By using contextual model can increase the activity of students in learning mathematics class III Elementary School 06 West Singkawang.
Keywords: Learning Activities, mathematics, Contextual Model.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.7748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats