PENINGKATAN KONSENTRASI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Maria Wihelmina Roslin, Indri Astuti, Desni Yuniarni

Abstract


email:wilhelmina-roslin.com.id

Abstrak: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: Untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan konsentrasi melalui metode bercerita pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Pontianak Timur. Penelitian tindakan kelas  ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak TK Permata Bunda Pontianak Pontianak Timur berjumlah 17 orang anak. Pengumpulan data  dengan menggunakan  data dan pedoman observasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: 1) Perencanaan pembelajaran dengan metode bercerita dapat meningkatkan konsentrasi anak pada usia 4-5 tahun  di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Pontianak Timur telah terlaksana dengan sangat baik dengan skor 3,57, 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita dapat meningkatkan konsentrasi anak pada usia 4-5 tahun  di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Pontianak Timur telah terlaksana dengan sangat baik dengan skor 3,71, 3) Terdapat peningkatan konsentrasi anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Pontianak Timur melalui metode bercerita sebesar 41,17%.

 

Kata Kunci: peningkatan, konsentrasi, metode bercerita

Abstract: The general objective of this research is: To obtain information about the increase in concentration through storytelling in children aged 4-5 years in kindergarten Permata Bunda East Pontianak. Classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The method used is descriptive method to shape classroom action research study. Sources of data in this study is a kindergartner Jewel Mother East Pontianak Pontianak totaling 17 children. The data was collected using observation data and guidelines. Based on the research that has been done: 1) Planning learning by storytelling can improve the concentration of children at age 4-5 years in kindergarten Permata Bunda East Pontianak has done very well with a score of 3.57, 2) Implementation of the method of learning storytelling can improve the concentration of children at age 4-5 years in kindergarten Permata Bunda East Pontianak has done very well with a score of 3.71, 3) There is an increased concentration of children aged 4-5 years in kindergarten Permata Bunda Pontianak east through the storytelling of 41.17%.

 

Keywords: increase, concentration, storytelling


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.7671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats