PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK TEBAK KATA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif teknik tebak kata dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VA SD Negeri 18 Pontianak Barat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan siswa kelas VA yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dengan alat pengumpul data yaitu lembar penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan lembar tentang motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif teknik tebak kata dilihat dari peningkatan skor rata-rata disetiap siklusnya. Skor rata-rata pada ada siklus pertama sebesar 3,30, kemudian pada siklus kedua sebesar 3,60 dan pada siklus ketiga mencapai 3,94. Sedangkan peningkatan rata-rata presentase motivasi belajar siswa pada siklus pertama sebesar 54,17%, kemudian pada siklus kedua sebesar 70,83%, dan pada siklus ketiga mencapai 76,48%.
Kata Kunci : Peningkatan, Motivasi, Model Kooperatif, Tebak Kata
Abstract : The purpose of this research to describe the increase of student’s motivation by using the cooperative model technique of guess the word on social studies in class V SDN 18 Pontianak Barat. The method used in this research is descriptive method of research is a form classroom action research. Subjects in this research were teacher social study subjects and students in class VA totalling 34 students. Data collection technique used are direct observation using a data collection tool that sheet teacher’s ability to carry out the assessment of learning and sheet on student’s motivation. This research was conducted for three cycles. The results of data analysis showed that an increase in the ability of teacher implement cooperative model technique of guess word seen from the increase in the average score in each cycle. The average score of the first cycle of 3,30, then in the second cycle of 3,60, and the third cycle reaches 3,94. While the average percentage increase in students motivation in the first cycle of 54,17 %, then in second cycle of 70,83%, and third cycle reaches 76,48%
Keywords: Increase ,Motivation, Cooperative Model, Guees Word
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.7651
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats