PENINGKATAN AKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOERATIF TIPE KARTU ARISAN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas fisik, mental dan emosional siswapada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan menggambarkan/melukiskan/keadaan subyek/obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang sebenarnya. Hasil penelitian yang diperoleh sudah tercapai yaitu pada baseline aktivitas fisik 31,08% meningkat menjadi 96,97% pada siklus 2 pertemuan 2. Pada baseline aktivitas mental sebesar 29,29% meningkat menjadi 92,93% pada siklus 2 pertemuan 2. Pada baseline aktivitas emosional 46,465% meningkat menjadi 98,99% pada siklus 2 pertemuan 2. Selisih keseluruhan dari baseline ke siklus 2 sebesar 62,11% dengan kategori “tinggi” untuk aktivitas fisik. Selisih keseluruhan dari baseline ke siklus 2 yaitu 59,098% dengan kategori “sedang” untuk aktivitas mental. Selisih keseluruhan dari baseline ke siklus 2 sebesar 49% dengan kategori “sedang” untuk aktivitas emosional.
Kata kunci : Model Kooperatif, Kartu Arisan, Aktivitas
Abstract: This research is mean to increase physical activity, mental, and emotional students at learning science social class VI of public elementary school 17 pontianak city. The research method used was descriptive, research by displaying/unmerciful the state an object when research subjects/now based on actual fact. The result of research obtained has been reached is on the baseline from 31,08% increased to 96,97% for physical activity in cycles increased to 2 meeting 2. On the baseline by mental activity29,29% increased to 92,93% in 2 cycles 2 meeting. On the baseline by emotional activity from 46,465% to 98,99% increased 2 meeting 2. Overall difference from the baseline to two cycle of 62,11 with categories “high” for physical activity. Overall difference from the baseline to two cycle of 59,098% with categories “moderately” for mental activity.Overall difference from the baseline to two cycle of 49% category with “moderately” to activity emotional.
Keywords: Model Cooperative, Card Arisan, Activities
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i10.7265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats