IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK PEROLEHAN BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perolehan belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Ketapang di kelas VII pada semester pertama, sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan strategi kontekstual. Strategi kontekstual menjadi pilihan peneliti memiliki banyak keunggulan seperti: (1) Kontekstual menekankan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan cara menggali, menemukan, berdiskusi, berfikir kritis, dan mengkonstruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya melalui kerja kelompok. (2) Selalu mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan dunia nyata serta mengaitkan informasi dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain dan langkah-langkah kontekstual dalam pembelajaran IPS Terpadu dan bagaimana perolehan belajarnya serta kendala yang dihadapi bagaimana cara menanggulangi kendala tersebut saat menerapkan strategi kontekstual pada siswa kelas VII C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi kontekstual dapat meningkatkan perolehan belajar siswa yang sebelumnya rata-rata nilai siswa dibawah KKM serta meningkatkan keterampilan dalam menyampaikan hasil diskusi melalui presentasi.
Kata Kunci: Implementasi strategi kontekstual, IPS Terpadu.
Absract: This research is motivated low student learning gains on Integrated Social Science in Secondary Schools 2 Ketapang in class VII C in the first half. Contextual strategy of choice researchers have many advantages such as: (1) Contextual emphasis on student engagement in learning by digging, finding, discussion, critical thinking, and construct their own knowledge and new skills through group work. (2) Always associate learning with life the real world as well as associate information with existing knowledge of students. The problem in this research is how to design and contextual measures in Integrated Social learning and how the acquisition of learning and obstacles encountered how to overcome these obstacles when applying contextual strategies in class VII .The results showed that by applying contextual strategies can improve student learning gains that were previously the average student scores below KKM and improve skills in presenting the results of the discussion through the presentation.
Keywords: Implementation contextual strategy, Integrated Social Science.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.6998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats