PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yusmanah F34209445, Hery Kresnadi, Suhardi Marli

Abstract


Peningkatan   Keterampilan   Bertanya  Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing  Dalam Pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan bertanya dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitannya adalah penelitian  tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan siswa yang bertanya dengan mengacungkan tangan sebanyak 12 orangn pada siklus pertama, menjadi sebanyak 30 orang pada siklus kedua. Siswa yang bertanya dengan tertulis sebanyak 12 orang pada siklus pertama, menjadi sebanyak 33 orang pada siklus kedua. Siswa yang bertanya dengan sesamanya sebanyak 12 orang pada siklus pertama,   menjadi 34 orang pada siklus kedua. Siswa yang bertanya antar kelompok sebanyak 6 orang pada siklus pertama, menjadi sebanyak 32 orang pada siklus kedua. Siswa yang berani menjawab pertanyaan  sebanyak 15 orang pada siklus pertama, menjadi sebanyak 32 orang pada siklus kedua. Hal ini berarti dengan menggunakan metode penemuan terbimbing keterampilan siswa dalam bertanya dapat meningkat.

Kata kunci :  keterampilan bertanya, metode penemuan terbimbing

 

 

Abstract: Increasing of Asking Skill by Using Guided Discovery Method in Mathematic Learning. These research purpose to describe increasing of asking skill by using guided discovery method in mathematic learning. Method of research uses descriptive method with the form of method is classroom action research. Based on result of student’s observation who asking by raising hand on first sickles are 12 students, add to be 30 students on second sickles. The students who asking by writing are 12 students on first sickles add to be 33 students on second sickles. The students who asking with classmates are 12 students on first sickles add to be 34 students on second sickles. The students who asking trans-group are 6 students on first sickles add to be 32 students on second sickles. The students are brave answer of questions are 15 students on first sickles add to be 32 students on second sickles. These meant, by using guided discovery method, the students’ skill in asking can be increased.

 

Key word: asking skill, guided discovery method.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.