PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI ANEKA MEDIA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Sumiati (F54210053), Fadillah ., Dian Miranda

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan  perencanaan dan pelaksanan penggunaan aneka media serta untuk mendeskripsikan  peningkatan  kemampuan menulis  permulaan  pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Setda Provinsi Kalimantan Barat setelah menggunakan aneka media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan bentuk penelitian yang digunakan adalah  penelitian  tindakan  kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 anak yang berusia 4-5 tahun. Hasil penelitian ini yaitu dalam meningkatkan kemampuan menulis melalui aneka media pada anak usia 4-5 di TK pertiwi 1 Setda Provinsi Kalimantan Barat  adalah berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan aneka media pada anak kelompok A TK Pertiwi 1 Setda Provinsi Kalimantan Barat, dapat meningkatkan kemampuan menulis anak.

Kata Kunci : Menulis Permulaan, Media, Anak Usia 4-5 Tahun.

 

Abstract: This study aims to describe the planning and implementation as well as the use of various media to describe the increase in beginning writing skills in children aged 4-5 years in Pertiwi 1 Kindergarten Setda Province West Kalimantan after using various media. This study used a descriptive method, while the study is a form of action research. Subjects in this study were 1 teacher and 20 children aged 4-5 years. The results of this research is to improve writing skills through a variety of media in children aged 4-5 in Pertiwi 1 Kindergarten Setda Province West Kalimantan is managed. It can be concluded that the application of various media on children in group A Pertiwi 1 Kindergarden Setda province of West Kalimantan, can improve children's writing skills.

Keywords: Writing Starters, Media, Children Aged 4-5 Years.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723