METODE PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TENTANG SUMBER ENERGI KELAS IV SLB DHARMA ASIH PONTIANAK

Yayam Mariyamah, M. Chiar, M. Nasrun

Abstract


Metode Permainan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Tentang Sumber Energi Kelas IV SLB Dharma Asih Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar pada materi energi di Kelas IV Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak dengan menggunakan metode permainan kartu bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah pada siklus I sebesar 2,87 pada siklus II sebesar 3,40 dan pada siklus III sebesar 3,53. Pengamatan terhadap siswa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa baik secara fisik, mental dan emosional.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Metode Permainan Kartu Bergambar, Pembelajaran IPA

Abstract: Methods Picture Card Games To Improve Learning About Energy Sources Activities Fourth Grade SLB Asih Dharma Pontianak. This research aims to enhance learning activities on energy materials in Class IV Extraordinary School Asih Dharma Pontianak game using picture cards. The research method used is descriptive method with qualitative approach. Type of research is action research. Based on observations of teacher performance in implementing the study is on the first cycle of 2.87 on the second cycle of 3.40 and 3.53 for the third cycle. Observation of the students there is an increase in student learning activities both physically, mentally and emotionally.


Keywords: Learning Activities, Methods Picture Card Games, Learning Science


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats