IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MEMBANGUN KONSEP BAIK DAN BURUK PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model pembelajaran quantum learning menggunakan media pembelajaran untuk membangun konsep baik dan buruk melalui sistem organisasi pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan media dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Model pembelajaran quantum learning yakni mengembangkan pokok bahasa cara berorganisasi dengan kegiatan sebagai berikut: menjelaskan tentang pengertian organisasi, menjelaskan tentang cara berorganisasi dengan baik, menjelaskan pengertian tentang organisasi, memberikan gambaran tentang sikap dalam berorganisasi, memberikan gambara tentang keuntungan dalam berorganisasi. 2) Model pembelajaran quantum learning yakni mengembangkan pokok bahasa cara berorganisasi dengan kegiatan sebagai berikut: menjelaskan mengenai bentuk-bentuk organisasi, penjelaskan tentang tugas-tugas dalam beroganisasi, mengenalkan struktur dalam organisasi, mengenalkan tugas-tugas anggota organisasi. 3) Perkembangan konsep baik dan buruk pada peserta didik yakni peserta didik dapat menyebutkan tugas-tugas dari anggota organisasi yang memegang jabatan serta tanggung jawab dalam menjalankan tugas, peserta didik dapat menyampaikan ide pikiran melalui kegiatan diskusi tentang cara menyelesaikan masalah dengan mementingkan kepentingn organisasi di atas kepentingan pribadi, peserta didik dapat menyebutkan bentuk-bentuk organisasi dan mendiskudikan pemecahan masalah.
Kata Kunci : Quantum Learning, PKN
Abstract: This study aims to describe and analyze the implementation of quantum learning model learning using instructional media to build the concept of good and bad through a system of civic education organization in the subject. This type of research is the development of media with a qualitative approach. The results of this study as follows: 1) learning model that develops fundamental quantum language learning how to organize the following activities: describes the understanding of the organization, explains how to properly organize, explain the meaning of the organization, provides an overview of the attitudes in the organization, giving gambara about organizational advantage. 2) learning model that develops fundamental quantum language learning how to organize the following activities: describes the organizational forms, penjelaskan of tasks in beroganisasi, introduce the structure of the organization, introducing members of the organization tasks. 3) The development of the concept of good and bad on the learners learners can mention the duties of members of the organization as well as holding positions of responsibility in carrying out the task, learners can convey the idea of the mind through discussions on how to resolve the problem with the above organizations concerned kepentingn personal interests, learners can mention the forms of organization and problem solving.
Keywords : Quantum Learning, PKN
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i10.6664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats