PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI KELAS V

Sri Ningsih, Budiman Tampubolon, Suryani .

Abstract


Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode inquiry pada pembelajaran sifat-sifat cahaya dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas V  SDN 33 Modah kecamatan Parindu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Kemampuan guru menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran Adapun rata-rata skor pada siklus I sebesar 3.12, siklus II 3.59 dan pada siklus III sebesar 3.83 dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 0.24 dari siklus II dan sebesar 0.71 dari siklus I Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sifat-sifat cahaya menggunakan metode inkuiri meningkat dari siklus I sampai ke siklus III. Adapun rata-rata skor pada siklus I sebesar 3.16, siklus II 3.80 dan pada siklus III sebesar 3.95 dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 0.15 dari siklus II dan sebesar 0.79 dari siklus I Nilai hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 35, peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,5, dengan demikian peningkatan dari siklus I ke siklus III meningkat rata-rata sebesar 42,5.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract : A common problem in this study is Is using the method of inquiry in learning the properties of light can boost learning outcomes fifth grade students of SDN 33 Modah Parindu districts . This study aimed to describe the increase in student learning outcomes in learning the properties of light by using a method of inquiry . The method used is descriptive in the form of research is Classroom Action Research is collaborative . The results obtained are the ability of the teacher planning the implementation of learning The average score on the first cycle of 3:12 , 3:59 second cycle and the third cycle of 3.83 thus there is an increase of 0:24 of the second cycle and at 0.71 of the first cycle in the ability of teachers to implement study the properties of light using the inquiry method increased from cycle to cycle I to III . The average score on the first cycle of 3:16 , 3.80 second cycle and the third cycle of 3.95 thus there is an increase of 0:15 of the second cycle and at 0.79 of the cycle I value learning outcomes from the first cycle to the second cycle increased by 35 , an increase of second cycle to third

cycle of 7.5 , thus an increase from the first cycle to cycle III increased by an average of 42.5 .


Keywords : Learning Outcomes , Methods of Inquiry , Natural Sciences.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723