PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA REALITA DI KELAS V
Abstract
Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah:” Apakah dengan menggunakan media Realita pada pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Punti Kayan?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan tentang penggunaan media realita untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian diskriftif yang terdiri dari 2 siklus,setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Bentuk penelitian tindakan kelas, sifatnya kolaboratif. Dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V. Tehnik analisis data berupa penskoran dan perhitungan rata-rata.Hasil penelitian menggunakan menggunakan media realita sebagai berikut ; (1) Terdapat peningkatan perencanaan. pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siklus I sebesar 2,36 dan siklus II sebesar 3,43 sehingga terjadi peningkatan sebesar 1,07 (2) Melaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru juga meningkat yaitu pada siklus I sebesar 2,39 dan siklus II sebesar 3,27 sehingga terjadi peningkatan sebesar 0,08 (3) Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 54,29 dan siklus II sebesar 82,85 sehingga terjadi peningkatan sebesar 28,56.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi dan perubahannya, Media Realita
Abstract: common problem in this study is: “whether the use of the media reality in science learning can increase student learning outcomes right fifth grade public elementary school districts 13 punti kayan ?” purpose of this study is to describe the reality of the use of the media to increase student learning outcomes in science learning. The research method used is descriptive research method that consists of two cycles, each cycle carried on 1 meeting and each cycle consisted of action planning,implementation of action and reflection. Form of action research collaborative nature of its.teacher with research subjects and fifth grade students. the data analysis techniques such as scoring and average calculation.results of studies using that as follows; (1) there is an increase in planning.learning that teachers do is cycle I and cycle II by 2,36 by 3,43 so that an increase of 1,07. (2) carrying out teaching the teachers also increased,namely in silkus by 2,39 in cycle I and cycle II is 3,27 resulting in an increase of 0,08.(3) learning outcomes are achieved by students in cycle I and cycle II 54,29 at 82,85 resulting in an increase of 28,56.
Keywords: learning outcomes, and the energy changes,the media reality
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning
indexed by:
Journal of Equatorial Education and Learning published by
[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .