PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DRILL DI KELAS IV
Abstract
Abstrak: Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Riam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: (1) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu pada siklus I rata-rata skornya adalah 2,75 dan pada siklus II menjadi 3,43. Peningkatannya sebanyak 0,68; (2) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu pada siklus I adalah 2,90 dan pada siklus II menjadi 3,37. Peningkatannya sebanyak 0,47, dan (3) terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I nilai rata-rata adalah 64,88 dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 72,13. Peningkatannya sebanyak 7,25.
Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Drill
Abstract: The aim of this research is to know whether drill method can increase the result study of students in fourth year of Sekolah Dasar Negeri 13 Riam in learning Indonesian. The method used is descriptive method in the form of class action fieldwork conducted by two cycles with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Based on the calculation of average scores can be seen that the ability of teachers to plan learning has increased from an average score of 2.75 in the first cycle to 3.43 in the second cycle. The increasing is 0.68. Implement the learning ability of teachers has increased from an average score of 2.90 in the first cycle to 3.37 in the second cycle. The increasing is 0.47. The learning outcomes of students has increased from an average value of 64.88 in the first cycle to 72.13 in the second cycle. The increasing is 7,25.
Keywords: study result increasing, Indonesian learning, drill method
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats