PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
SEKOLAH DASAR
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Mempawah Hilir. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftip. Bentuk penelitian adalah survey. Teknik dan cara pengumpulan data adalah observasi langsung dan lembar observasi langsung.Hasil penelitian dengan penerapan metode Diskusi dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Mempawah Hilir pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 13 orang siswa atau 65% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 18 orang siswa atau 90%. peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25%.
Kata kunci : Aktivitas belajar, Metode Eksperimen, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract: The purpose of this study was to determine whether the application of the discussion method can improve student learning outcomes in the teaching of Social Sciences grade IV Elementary School 15 Mempawah Hilir. The methods used in this study are the method descriptive. Form of research is survey. Techniques and ways of collecting data is direct observation and observation sheets live. velue research with the application of the method can improve learning outcomes Discussion grade IV Elementary School 15 Mempawah Hilir in Social Science Education. In the first cycle of students achieving mastery value 13 students or 65% and the second cycle increased ie students who reached the KKM many as 18 students or 90%. Improvement from the first cycle to the second cycle is equal to 25%.
Keywords: Learning activities, Experimental Methods, Natural Sciences Learning.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats