PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 31 SUNGAI AMBAWANG
Abstract
Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Kelas V SDN 31 Sungai Ambawang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia kelas V SDN 31 Sungai Ambawang. Metode penelitian yang gunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan perencanaan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi, dari siklus I, siklus II dan siklus III sebesar 1,26. Pelaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi, dari siklus I, siklus II dan siklus III terjadi peningkatan sebesar 1,22. Hasil keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menerapkan metode demonstrasi, dari siklus I, siklus II dan siklus III terjadi peningkatan sebesar 10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 31 Sungai Ambawang.
Kata Kunci: penerapan , metode demonstrasi, keterampilan berbicara Bahasa
Indonesia
Abstract: Application of methods to improve speaking skills demonstration Indonesian grade V river Ambawang 31. This research aim to improve the skills of speaking Indonesian SDN 31 grade V river Ambawang. Research method used is descriptive method of research is a from of action research (PTK). Based on the research that has been done, there is an increase learning plan by applying the method demonstration, of cycle I, cycle II and cycle III of 1,26. Implementation of learning by applying method of demonstration, of cycle I, cycle II and cycle III there was an increase of 1,22. Result Indonesian speaking skills by applying the method demonstration of cycle I, cycle II and cycle III there was an increase of 10. This means learning to apply the method to improve conversation skills demonstration Indonesian grade V river Ambawang SDN 31.
Key word: application, methods of demonstration, Indonesian speaking skills
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats