MEDIA PAPAN ALUR UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAMIYAH

Emi Jamilah, Yuline ., Sri Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui pemanfaatan media papan alur pada anak usia 4-5 tahun di TK Islamiyah Kota Baru Kecamatan Tanah Pinoh dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru dapat dikategorikan “baik sekali” dengan skor 3,6. Adapun perencanaan yang dilakukan a) membuat RKH b) merancang lembar observasi, c) menyiapkan media pembelajaran. 2) Media papan alur dapat meningkatkan pemahaman tentang mengklasifikasikan benda berdasarkan posisi atas-bawah pada anak usia 4-5 tahun  dan dikategorikan berkembang sesuai harapan dengan skor 75%. 3) Media papan alur dapat meningkatkan pemahaman tentang menentukan posisi kanan-kiri pada anak usia 4-5 dan dikategorikan berkembang sesuai harapan, sebesar 75%. 4) Media papan alur dalam meningkatkan tentang menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki  (mencari perbedaan letak posisi jauh-dekat) pada anak usia 4-5 tahun  di TK Islamiyah dan  dikategorikan berkembang sesuai harapan sebesar 80%.

Kata Kunci : Papan Alur, Kognitif

 

Abstract: The purpose of this research is to improve the cognitive abilities through the use of media groove boards on 4-5 year olds in kindergarten Islamiyah New Town Land District of Pinoh using descriptive methods. Based on the findings that: 1) Planning learning that teachers can be categorized as "excellent" with a score of 3.6. The planning is done a) make RKH b) designing the observation sheet, c) prepare instructional media. 2) Media groove boards can improve understanding of classifying objects by top-down position in children aged 4-5 years and growing categorized according to expectations with a score of 75%. 3) Media boards can improve the understanding of the flow determines the right-left position in children aged 4-5 and growing categorized as expected, by 75%. 4) The media in improving your groove boards showed explorative activity and investigate (look for differences in location of far-close position) in children aged 4-5 years in kindergarten Islamiyah and growing categorized according to expectations by 80%.

Keywords: Flow Board, Cognitive


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.