PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BULUTANGKIS SISWA VIIH SMPN 3 PONTIANAK
Abstract
Abstract: The problem is how to study the influence of the contextual approach
to servicing capabilities badminton SMP students VIIH 3 Pontianak . The purpose
of this study was to determine the effect of a contextual approach to servicing
capabilities badminton SMP students VIIH 3 Pontianak . This research method is
experimental method to form a pre - experimental design . The study population is
a student of class VII at SMP 3 Pontianak totaled 278 students , with a sampling
technique of purposive sampling is taking 37 students in grade 3 SMP VIIH
Pontianak . Analysis of data by t-test analysis . The result showed an average
initial test and final test 17.19 12.97 ( an increase of 4.22 ) . The analysis testing
the effect of t-test value 10.463 is greater than the value ttable 2,028 , meaning
that there are significant hypothesis contextual approach to servicing capabilities
badminton SMP students VIIH 3 Pontianak . The percentage increase of 32.50 % .
Based on these results it can be concluded that the contextual approach has a
positive influence on long service upgrades badminton .
Keywords: Contextual Approach, Long Service Badminton
Abstrak: Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kemampuan servis bulutangkis siswa VIIH SMPN 3
Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kemampuan servis bulutangkis siswa VIIH SMPN 3
Pontianak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk preexperimental
design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMPN 3
Pontianak berjumlah 278 siswa, Teknik pengambilan sampel dengan sampling
purposive yaitu mengambil 37 siswa kelas VIIH SMPN 3 Pontianak. Analisis data
dengan analisis uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tes awal 12,97 dan tes
akhir 17,19 (meningkat sebesar 4,22). Analsis uji pengaruh nilai ttest 10,463 lebih
besar dari nilai ttabel 2.028, artinya hipotesis terdapat pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kemampuan servis bulutangkis siswa VIIH SMPN 3
Pontianak. Persentase peningkatan sebesar 32,50%. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual memiliki pengaruh positif
terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Servis Panjang Bulutangkis
to servicing capabilities badminton SMP students VIIH 3 Pontianak . The purpose
of this study was to determine the effect of a contextual approach to servicing
capabilities badminton SMP students VIIH 3 Pontianak . This research method is
experimental method to form a pre - experimental design . The study population is
a student of class VII at SMP 3 Pontianak totaled 278 students , with a sampling
technique of purposive sampling is taking 37 students in grade 3 SMP VIIH
Pontianak . Analysis of data by t-test analysis . The result showed an average
initial test and final test 17.19 12.97 ( an increase of 4.22 ) . The analysis testing
the effect of t-test value 10.463 is greater than the value ttable 2,028 , meaning
that there are significant hypothesis contextual approach to servicing capabilities
badminton SMP students VIIH 3 Pontianak . The percentage increase of 32.50 % .
Based on these results it can be concluded that the contextual approach has a
positive influence on long service upgrades badminton .
Keywords: Contextual Approach, Long Service Badminton
Abstrak: Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kemampuan servis bulutangkis siswa VIIH SMPN 3
Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kemampuan servis bulutangkis siswa VIIH SMPN 3
Pontianak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk preexperimental
design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMPN 3
Pontianak berjumlah 278 siswa, Teknik pengambilan sampel dengan sampling
purposive yaitu mengambil 37 siswa kelas VIIH SMPN 3 Pontianak. Analisis data
dengan analisis uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tes awal 12,97 dan tes
akhir 17,19 (meningkat sebesar 4,22). Analsis uji pengaruh nilai ttest 10,463 lebih
besar dari nilai ttabel 2.028, artinya hipotesis terdapat pengaruh pendekatan
kontekstual terhadap kemampuan servis bulutangkis siswa VIIH SMPN 3
Pontianak. Persentase peningkatan sebesar 32,50%. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual memiliki pengaruh positif
terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Servis Panjang Bulutangkis
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats