PENINGKATAN KEMAMPUAN DAYA INGAT ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI

Etty Fitriawati, M. Syukri, Dian Miranda

Abstract


Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Berseri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya ingat anak melalui metode bercerita dengan media gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Perhitungan dilakukan selama 2 siklus, hasil perhitungan menunjukkan rata-rata daya ingat anak pada baseline belum berkembang 55%, mulai berkembang 30%, berkembang sesuai harapan 15%. Siklus I belum berkembang 7%, mulai berkembang 45%, berkembang sesuai harapan 48%. Siklus II belum berkembang 3%, mulai berkembang 12%, berkembang sesuai harapan 85%. Berdasarkan data yang telah diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ingat anak melalui metode bercerita dengan media gambar berseri pada anak kelompok B di TK Negeri Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu.

Kata Kunci: kemampuan, daya, ingat

Abstract : Memory Upgrades Children Through Storytelling Method Media Glow Images. This study aims to determine the increase in the memory of children through storytelling with media images beamed. The method used is descriptive method is a form of qualitative research and the type of research is action research. Calculations carried out for 2 cycles, the calculation results showed that the average child in the baseline memory undeveloped 55%, 30% began to develop, evolve as expected 15%. Cycle I have not grown 7%, began to grow 45%, 48% develop according to expectations. Cycle II undeveloped 3%, began to grow 12%, 85% develop according to expectations. Based on the data that has been obtained, showing that there is an increase in recall of children through storytelling with media images glow in group B children in TK Negeri Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu.


Keywords: ability, power, memory


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723