PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMENGGUNAKAN METODE LATIHANPADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 11 PEREGES
Abstract
Abstrak: Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran Matematika dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pereges tanggal 19 Agustus 2013, didapati hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV masih rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran Matematika di kelas IV masih berupa ceramah. Sehubungan dengan kenyataan tersebut, perlu dilaksanakan perbaikan atau peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan metode latihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, angket siswa, wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dalam proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode latihan. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode latihan pada setiap siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan belum mencapai 50% dari keseluruhan jumlah siswa kelas IV yang meningkat hasil belajarnya. Pada siklus II tingkat keberhasilan sangat signifikan, yaitu rata-rata 80% siswa sudah meningkat hasil belajarnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan metode latihan meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran Matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pereges. Oleh karena itu, metode latihan ini sangat baik untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar siswa, mata pelajaran matematika, latihan.
Abstract: From the results of preliminary observations made on mathematics learning activities in class IV Elementary School 11 Pereges dated August 19, 2013 , found student learning outcomes in Mathematics in grade IV is low . This is because the teaching methods employed by teachers in the subjects of Mathematics in grade IV is still a lecture . In connection with this fact , should be carried out repairs or improvement of student learning outcomes . One way is with a training method . This study used a qualitative approach to the design of classroom action research . The data of this study in the form of data and process the data obtained from the results of action observations , student questionnaires , interviews . Sources of data in this study were the teacher and the student in the learning process of mathematics by using training methods . The results of the implementation of the act of learning Mathematics using training methods at each cycle always increase . In the first cycle success rate has not reached 50 % of the total number of fourth grade students improved learning outcomes . In the second cycle success rate significantly , ie on average 80 % of students have improved learning outcomes . This suggests that the learning of Mathematics using training methods to increase student interest in math in grade IV Elementary School 11 Pereges . Therefore , this method is very good practice to be applied in the study of mathematics .
Key Word : Increase,Studying result of Student,Mathematic Subject,exercise.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats