PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS VI SDN 001 TAMBELAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: Apakah Metode Diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri001 Tambelan Bintan ?. Dalam penelitian ini Observasi dilaksanakan dengan 3 siklus, dengan jumlah subyek atau sampel penelitian yang digunakan adalah 19siswa VI SD Negeri001 Tambelan Bintan. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian siklus I nilai dari IPKG I dengan nilai 3,38 dan nilai IPKG II 3,26 sedangkan hasil belajar siswa VI Sekolah Dasar Negeri001 Tambelan Bintankategori rendah dengan skala < 65 frekuensi 7 dengan presentase 36,84%. Kategori sedang dengan skala 65 - 74 frekuensi 11 dengan presentase 57,89%. Kategori tinggi dengan skala 76 - 100 frekuensi 1 dengan presentase 5,26 %. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II diketahui bahwa nilai IPKG I dengan nilai 3,64 dan IPKG II dengan nilai 3,38 sedangkan pada hasil nilai murid menunjukan hasil belajar mencapai nilai kategori rendah 2 siswa dengan persentase (10,52 %) , yang mendapat nilai kategori sedang 9 siswa dengan persentase (47,36 %), sedangkan yang mendapat nilai kategori tinggi 8 siswa 42,10%. Dan hasil siklus III, nilai IPKG I dengan nilai 4 dan IPKG II dengan nilai 4 dan nilai hasil siswa menunjukkan bahwa hasil yang mencapai nilai tinggi adalah 19 (100 %) siswa, yang mendapat nilai sedang adalah tidak ada atau (0 %), sedangkan yang mendapat nilai rendah tidak ada atau 0 %. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwaPenggunaan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Tambelan Bintan . Berdasarkan kesimpulan disarankan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hendaknya guru dalam mengajar lebih mengembangkan kreatifitas, termasuk memilih metode yang tepat, sehingga tidak merasa bosan melainkan lebih menyenangkan atau mengesankan. Guru sebaiknya menerapkan menerapkan metode diskusi pada pembelajaran Matematika.
Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi Kelompok
Abstract: The central issue in this study is : Does group discussion method can improve the learning outcomes of sixth grade students Mathematics Elementary School 001 Tambelan Bintan ? . In this study observations carried out with 3 cycles , the number of subjects or samples used in this study were 19 students VI Elementary School 001 Tambelan Bintan . Based on the analysis of data from the first cycle of research results IPKG value of I with values ??of 3.38 and 3.26 while the value IPKG II VI student learning outcomes Elementary School 001 Tambelan Bintan lower categories with a scale < 65 frequencies with a percentage of 36.84 % 7 . Category scale was 65-74 with a frequency of 11 percentage 57.89 % . High category scale 76-100 with a frequency of 1 percentage 5.26 % . The research of the second cycle in mind that I IPKG value with the value of 3.64 and IPKG II with a value of 3.38 , while the results show the value of student learning results reach a low value category 2 students by percentage ( 10.52 % ) , who scored categories were 9 students with a percentage ( 47.36 % ) , while the high category scored 42.10 % 8 students . And the results of the third cycle , I IPKG value with a value of 4 and IPKG II with grades 4 and the value of the results showed that students who achieve high grades result is 19 ( 100 % ) students, who scored medium is absent or ( 0 % ) , whereas who scored low to no or 0 % . In this study it can be concluded that the use of Discussion Method to Improve Student Learning Outcomes In Mathematics Subject Elementary School sixth grade 001 Tambelan Bintan . Based on the conclusions suggested to improve student learning outcomes , teachers should teach more to develop creativity , including choosing the right method , so do not feel bored but more enjoyable or memorable . Teachers should apply to apply the method of discussion in mathematics learning .
Keywords : Learning Outcomes , Methods Discussion Group
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats