PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE TANYA JAWAB KELAS IV SDN 15 ENGKANANG
Abstract
Absrak: Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Tanya Jawab kelas IV SD15 Engkanang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dikelas IV SDNN 15 Engkanang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tanya jawab dengan bentuk penelitiannya penelitia tindakan kelas yang bersifat kolaboratif, setting penelitian dilakuka dikelas IV subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa, 7 laki-laki dan 4 perempuan. Jenis data yang diambil yaitu IPKG I, IPKG II, da hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu teknik observasi langsung dengan penghitungan rata-rata. Alat pengumpulan data lembar observasi langsung dan instrumen tes.
Berdasarkan penelitian siklus I, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mencapai 18,52 (kategori cukup memuaskan), siklus II, 23,6(kategori memuaskan) ada peningkatan 5,08 (kategori memuaskan). Hasil belajar siswa siklus I hanya 2 dari 11siswa yang mencapai KKM ( pada siklus II, hasil belajar siswa semua tuntas KKM meningkat 100%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 15 Engkanang.
Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar,Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Tanya Jawab
Abstract:: Improvement oflearning outcomesIPAwitha question and answermethodSDN15Engkanangfourth grade. Thisstudyaims to determine theimprovement ofstudent learning outcomesin classIVSDN15Engkanang. The researchmethodusedis aquestion and answer methodtoformtheClassroom Action Researchresearchis collaborative, settingthe researchconductedinthe fourth grade, thatteacherresearchsubjectandgrade IVwhichconsists of 11students, 7 menand4women. the typeof datathat iscapturedIPKGI,IIIPKGand student learning outcomes. Data collection techniquesthatdirectobservation techniquesbycalculatingthe average. Means ofdirectobservationdata collectionsheetand test instruments.
Keywords: improvementof learningoutcomes, Natural Sciences,
question and answer method.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats