PELAKSANAAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM MENYUSUN ALUR CERITA
Abstract
Abstrak: Pelaksanaan Metode Cooperative Learning Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Dalam Menyusun Alur Cerita. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasih dan kejelasan yang aktual tentang pelaksanaan metode cooperative Learning pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam menyusun alur cerita siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 25 Pontianak Timur. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Metode deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan pada perencanaan pembelajaran dengan rata-rata pada siklus I sebesar 2,43 dan rata-rata pada siklus II sebesar 3,18. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran rata-rata pada siklus I sebesar 2,42 dan rata-rata pada siklus II sebesar 3,3. Sementara itu, hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatkan dengan rata-rata per kelas pada siklus I sebesar 55,51 dan rata-rata per kelas pada siklus II sebesar 81,63. Hal ini membuktikan nilai yang diperoleh mengalami peningkatan yang signifikan ditunjukan dengan angka persentase rata-rata 81 atau berada di atas KKM.
Kata Kunci : Cooperative Learning, Pembelajaran bahasa dan sastra
Indonesia, alur cerita
Abstract : Implementation of Cooperative Learning Methods In Learning Indonesian Language and Literature In Constructing the Plot . The purpose of this study was to obtain informasih and clarity about the actual implementation of cooperative learning methods in learning Indonesian language and literature in developing storyline Elementary School fourth grade students of State 25 East Pontianak . The research method used is descriptive method. Based on the research it can be concluded from improvements to the learning plan with an average of 2.43 in the first cycle and an average of 3.18 on the second cycle . While the implementation of learning on average in the first cycle of 2.42 and an average of 3.3 in the second cycle . Meanwhile , the study of students also experienced improvement in average per class on the first cycle of 55.51 and an average per class on the second cycle of 81.63 . This proves the value obtained indicated a significant increase in the average percentage rate is above 81 or KKM
Keywords : Cooperative Learning, learning languages ??and literature
Indonesia, the plot
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats