PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN PIKIRAN POKOK BACAAN MENGGUNAKAN METODE TUGAS SISWA KELAS IV SD

Pieter Roberd Watson Tefa, Sukmawati ., Sri Utami

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode tugas dalam peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pikiran pokok dalam teks bacaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 08 Riyai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil analissis data dari penelitian ini adalah adanya peningkatan perolehan skor siswa yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 60,33 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94,31. Penilaian terhadap kinerja guru dalam menyusun rancangan pembelajaran pada siklus I adalah 2,72 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,85. Sedangkan Penilaian terhadap guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I adalah 2,95 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,95. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pikiran pokok dalam teks bacaan.

Kata kunci: Pikiran Pokok, Metode Pemberian Tugas

Abstract: This study aimed to describe the use of the method in improving students' ability task in finding the main idea in a text reading in learning Indonesian in fourth grade SDN 08 Riyai. The method used in this research is descriptive. Results analissis data from this study was an increase in gain scores of students in the first cycle is the average value is 60.33, while students in the second cycle increased to 94.31. Assessment of the performance of teachers in preparing lesson plan in the first cycle was 2.72, while in the second cycle increased to 3.85. While the assessment of the teacher in the implementation of learning that in the first cycle was 2.95, while in the second cycle increased to 3.95. Based on the analysis of these data shows that the use of the method of administration tasks can improve students' ability to find main idea in a reading text.

Keywords: Mind Principles, Methods Task Giving


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats