PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS III SD 04 PONTI TAPAU
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan di kelas III Sekolah dasar negeri 04 Punti Tapau. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas III Sekolah dasar negeri 04 punti tapau melalui media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif yaitu dengan menganalisis data-data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan.
Dari hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan pada Siklus I dan siklus II ternyata a) Penerapan media gambar pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraa dapat meningkatkan aktivitas fisik belajar peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan aktifitas fisik belajar peserta didik pada siklus I 60,6% dan siklus II menjadi 86,4% dari jumlah peserta didik keseluruhan. b) Penerapan media gambar pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraa dapat meningkatkan aktivitas mental belajar peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan aktifitas fisik belajar peserta didik pada siklus I 34% dan siklus II menjadi 76% dari jumlah peserta didik keseluruhan. c) Penerapan media gambar pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraa dapat meningkatkan aktivitas emosional belajar peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan aktifitas fisik belajar peserta didik pada siklus I 58,5% dan siklus II menjadi 86% dari jumlah peserta didik keseluruhan.
Kata kunci: Aktivitas Pembelajaran, Media Gambar
Abstract: This research ia applied at grade III students in element school No.04 Punti Tapau. This research is used Classroom Action Research. The problem in this research is how to improve learning activity of grade to student in elementary school No. 04 Punti Tapau through pictures. The method of dhis research is descriptive method using qualitative data in which the researcher analyzes the data taken from the field.
The results of the research in circle I and circle II are: a) applying pictures in learning civics lesson can improve students activity physically. It can be proved by improving students activity physically in cycle I become 303 % and cycle II 432 %. b) applying picture in civic lesson can improve students activity mentally. It can be proved by improving students activity physically in cycle I become 102 % and cycle II 22 %. c) applying pictures in teaching learning process at activity emotionally it can be proved by improving students activity physically in cycle I become 234 % and cycle II 344 %.
Key word: Learning Activity, Pictures Method
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats