PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS I

Isnaeni F34210022, Asmayani Salimi, Sugiyono .

Abstract


Abstrak: Peningkatan aktivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode realistik pada peserta didik kelas I. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan masukan kepada guru mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Data hasil penelitian diperoleh penilaian kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I rata-rata 3,78 dan pada siklus II rata-rata 4. Penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I rata-rata 3,56 dan pada siklus II rata-rata 3,89. Persentase aktivitas pembelajaran siswa pada siklus I untuk aktivitas fisik 84,27%, aktivitas mental 63,15%, aktivitas emosional 73,70% dan pada siklus II untuk aktivitas fisik 96,40%, aktivitas mental 77,62%, dan aktivitas emosional 91,23%. Penilaian hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I rata-rata 72,16 dan pada siklus II rata-rata 79,73. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode realistik dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran Matematika pada peserta didik kelas I Sekolah Dasar Tunas Bangsa.

Kata Kunci : Aktivitas pembelajaran, pembelajaran Matematika, metode realistik

 

Abstract: The Increasing of Learning Activities in Mathematics by Using Games Methods to Grade IV students. This Research can be useful to give feedback to Mathematics teachers. Research method used is descriptive method, the classroom research activities and is a collaborative effort. Data research results by ability assessment teachers in planning a lesson for the cycle I average 3.78 and in the cycle II average 4. Ability Assessment teachers in order to carry out a lesson for the average cycle I was 3.56 and in the cycle II was 3.89. The percentage of students learning activities at cycle I for physical activity 84.27 percent, such mental 63.15 percent, such emotional 73.70 percent and in the cycle II for physical activity 96.40 percent, such mental 77.62 percent, and such emotional 91.23 percent. Student learning outcomes Assessment obtained in the cycle I average 72.16 and in the cycle II average 79.73. The conclusions from this research is using the games method may increase the activity of students learning in Mathematics in elementary school grade IV Tunas Bangsa School.

Keywords : Learning Activities, Mathematics Learning, Games Method


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723