PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN IPS

Saon (F34209408), Suhardi Marli, Hery Kresnadi

Abstract


judul penelitian ini adalah “Peningkatan Aktivitas Belajar  Menggunakan Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division pada Pembelajaran IPS”. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 26 Entobo dalam pembelajaran IPS menggunakan Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division. metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 26 Entobo berjumlah 10 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil analisis data menunjukan bahawa setelah menggunakan Cooperatif Learning Tipe STAD, aktivitas belajar siswa pada siklus I 72,2% dan siklus II 83,8% (mengalami peningkatan sebesar 11,6%) peningkatan aktivitas belajar siswa terdiri dari aktivitas fisik, mental, dan emosinal. Aktifitas fisik pada siklus I 80% pada siklus II 95% (mengalami peningkatan sebesar 15%) aktivitas mental pada siklus I 70% pada sikuls II 80% (mengalami peningkatan sebesar 10%) aktivitas emosional pada siklus I 66,6% pada sikuls II 76,6% (mengalami peningkatan sebesar 10%).

Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas, Cooperatif Learning,STAD

Abstraction: this research title is "Improvement Of Activity Learn To Use Cooperatif Learning Type of Student Teams Achievement Division at Study of IPS". Research aim to increase activity learn class student of IV SDN 26 Entobo in study of IPS use Cooperatif Learning Type of Student Teams Achievement Division. method the used is descriptive method. Research type is research of class action. Research Subjek is class student of IV SDN 26 Entobo amount to 10 student. Research executed in 2 cycle. Result of data analysis of proving that after using Cooperatif Learning Type of STAD, activity learn student at cycle of I 72,2% and cycle of II 83,8% (experiencing of the Improvement of equal to 11,6%) make-up of activity learn student consist of physical activity, bouncing, and emosinal. Physical activity at cycle of I 80% at cycle of II 95% (experiencing of the Improvement of equal to 15%) activity bounce at cycle of I 70% at II sikuls 80% (experiencing of the Improvement of equal to 10%) emotional activity at cycle of I 66,6% at II cycle 76,6% (experiencing of the Improvement of equal to 10%).

 

Keyword: Improvement, Activity, Cooperatif Learning,Stad.


Full Text:

PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723