PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Metode Demonstrasi . Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kejelasan penggunaan metode diskusi untuk mengetahui kejelasan apakah aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode demonstrsi pada materi hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Kubu.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif,dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik alat pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik komunikasi,dan alat pengumpul data yang digunakan lembar observasi siswa,dan lembar observasi guru.Prosedur penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi.
Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi
Abstrak : this study was the title of increased activity by the method of demonstration learning : general purpose of this nesearch is to gain visibility into the use of disscusion method to determine wether student, learning activities clarity can be improved by using the method of demonstration in the material realitonsip between structure and function in plant leaves Sciense classroom learning IV Primary School 15 KUBU. Research methods used are diskritif method, the from of action research. Techiniques of data collection tool that is in use is the technique of direct observation and communication techniques, and a data cellection tool that is in use observation and communication techniques, and a data collection tool that is in use observation sheet student and teacher observation sheet. Research prosedures include: planning, implementation, and refleksi of observation.
Key words :Upgrading,Learning Activities,The Method Of DemonstrationFull Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats