MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEMONSTRASI BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Artikel Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berbicara peserta didik, kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di kelas IV SDN 05 Suruh Tenbawang. Permasalahan penelitian adalah (a) bagaimanakah perencanaan pembelajaran, (b) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran, dan (c) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara peserta didik setelah diterapkannya metode demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelesaikan permasalahan yang ada dilakukan sebanyak dua putaran dengan sasaran peserta didik kelas IV SDN 05 Suruh Tembawang. Peningkatan kemampuan berbicara peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 60% ( 40% menjadi 100%), kemampuan guru juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya nilai IPKG1 dan IPKG2. Semua permasalahan yang diteliti mengalimi peningkatan positif. Menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran bahasa Indonesia dapat sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci : kemampuan berbicara, metode demonstrasi, dan pelajaran bahasa Indonesia.
Abstract : This research article aims to describe the speech of students, teachers' ability to plan and implement learning in fourth grade Tell Tenbawang SDN 05 . Research issues are (a ) how the lesson plan , ( b ) how the implementation of learning , and ( c ) how an increase in the ability to speak the students after the implementation of the demonstration method . The purpose of this study is to solve existing problems do as much as two rounds of targeting fourth grade students of SDN 05 Tell Tembawang . Improved speech learners of the first cycle to the second cycle of 60% ( 40 % to 100 % ) , the ability of teachers also experienced a marked increase with increasing values ??IPKG1 and IPKG2 . All the problems studied mengalimi positive improvement . Using the method of demonstration in the Indonesian language teaching as an alternative to learning Indonesian .
Keywords : speech , demonstration methods , and learning Indonesian.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats