PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DI SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika. Hal ini dilakukan karena guru belum melaksanakan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan pemecahan masalah yang benar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif, yang sifatnya kolaboratif, dan berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan 41 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 68 Pontianak Barat. Terjadi peningkatan selama 3 siklus, yaitu kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran sebesar 2,85 di siklus 1 menjadi 3,48 di siklus 2, menjadi 3,78 di siklus 3. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 2,90 di siklus 1 menjadi 2,90 di siklus 2, dan menjadi 3,72 di siklus 3. Hasil belajar peserta didik sebesar 55,12 di siklus 1 menjadi 65,12 di siklus 2, dan menjadi 76,59 di siklus 3. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 68 Pontianak Barat.
Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Pendekatan Pemecahan Masalah
Abstract: The aim of this research is to know about learning plan, learning conduction and how to increase study result of learners by using problem resolving approachment in math learning. This case is conducted because the teacher still not conduct learning with the steps of problem solving approachment correctly. The method which is used in this research is descriptive method. By using qualytatif research which is collaborative and form of Classroom Action Research. The subject of this research is teacher and 41 students of 5th grade elementary school of 68 west Pontianak. There is improvement during 3 cycle. Teachers ability in conducting learning about 2,85 at first cycle become 3,48 at second cycle, become 3,78 at third cycle. Teachers ability in conducting learning about 2,90 at first cycle become 2,90 at second cycle and become 3,72 at third cycle. Learning results of students about 55,12 at first cycle become 65,12 at second cycle and become 76,59 at third cycle. By this learning result can be concluded tha the using of problem resolving approachment can improve study result of student in math learning at 5th grade of elementary school 68 west Pontianak.
Keyword: Improvement, Study Result, Problem Solving Approachment.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats