IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Berdasarkan pada kenyataan di Sekolah Dasar Swasta Paroki Katedral Sanggau bahwa aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan rendah. Dalam mengatasi rendahnya aktivitas pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Make a-match. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PKn. Rumusan masalah umum, yaitu: bagaimanakah penggunaan model pembelajaran Make a-match untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan dikelas IV Sekolah Dasar Swasta Paroki Katedral Sanggau? Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan sifatnya kualitatif. Tempat penelitian berlangsung di Sekolah Dasar Swasta Paroki Katedral Sanggau khususnya di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaksana pembelajaran dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung dengan alat lembar observasi kemudian data diperoleh direduksi, disajikan dan disimpulkan. Simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a- match dikelas IV Sekolah Dasar Swasta paroki Katedral Sanggau, sangat baik untuk diterapkan.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Make A- Match, Pembelajaran PKn.
Abstract: Based on field observation namely Sekolah Dasar Swasta Paroki Katedral Sanggau that the students learning activities on Citizenship Education is low. In order to improve the learning activities, the researcher tried to use Make a-match learning model. The purpose of this research is to improve students learning activities on Citizenship Education. The general formulation of problem is how to use Make a-match learning model to improve students learning activities on Citizenship Education on grade IV Sekolah Dasar Swasta Paroki Katedral Sanggau. The method of research is descriptive method with qualitative characters. The research took place at Sekolah Dasar Swasta Paroki Katedral Sanggau in grade IV. The subject of this research is the researcher as the instructor and the students of grade IV with 23 pupils. The collecting data used direct observation by observation sheets in regards all data had been conducted, edited, reported and concluded. The conclusion is that the application of Make a- match learning model on grade IV Sekolah Dasar Swasta paroki Katedral Sanggau, is able to be applied precisely.
Keywords: Learning Activities, Make A- Match Learning Model, Citizenship Education learning.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats