PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD

Dewanti F34211749, Edy Yusmin, Zainuddin .

Abstract


Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode bermain peran pada pembelajaran tematik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Tapang Sebeluh? Sedangkan masalah khususnya yaitu 1.Bagaimanakah rancangan pembelajaran Tematik dengan menggunakan metode bermain peran untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Tapang Sebeluh? 2.Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Tematik dengan menggunakan metode bermain peran untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Tapang Sebeluh? 3.Apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas fisik peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Tapang Sebeluh? 4.Apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas mental peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Tapang Sebeluh? 5.Apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas emosional peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Tapang Sebeluh?

Adapun metode yang digunakan bermain peran, sedangkan bentuk penelitian yaitu survey kelembagaan. Setting penelitian yaitu setting dalam kelas I SDN II Tapang Sebeluh dan subyek penelitian adalah siswa yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan yaitu indikator kinerja sebagai bahan observasi untuk siswa. Data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan perhitungan persentase. Prosedur penelitian ini meliputi 2 siklus. Pada pengamatan awal sebelum dilakukan penelitian persentase aktivitas siswa mencapai 42,5%. Pada siklus I persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 57,5%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 81,67%

Persentase dari pengamatan awal sebesar 42,5% ke siklus II sebesar 81,67 meningkat sebesar 39,17%. Peningkatan ini dikategorikan cukup tinggi dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh sekolah yakni 60%.

Kata Kunci : Meningkatkan Aktivitas Belajar, Metode Bermain Peran, Pembelajaran Tematik

Abstraction: A common problem in this study is How the increase learners' learning activities using thematic learning to play a role in the Grade 1 Elementary School 11 Tapang Sebeluh ? While the particular problem that is 1.Bagaimanakah Thematic lesson plan using methods play a role to improve the learners' learning activities 1 Elementary School class 11 Tapang Sebeluh ? Thematic 2.Bagaimanakah implementation of learning by using role-play to improve learners' learning activities 1 Elementary School class 11 Tapang Sebeluh ? 3.Apakah using role play can improve physical activity grade 1 learners Elementary School 11 Tapang Sebeluh ? 4.Apakah using role play can enhance mental activity grade 1 learners Elementary School 11 Tapang Sebeluh ? 5.Apakah using role play can improve learners' emotional activity grade 1 Elementary School 11 Tapang Sebeluh ?

The method used to play a role , whereas studies that form the institutional survey . Setting the research that is setting in the SDN classes I and II Tapang Sebeluh subjects were students numbering 24 people . Data collection techniques used are direct observation techniques , while the data collection tool that is used as a performance indicator for student observation material . The data obtained were analyzed by calculating the percentage . The procedure of the study include 2 cycles . At the initial observation prior to the study the percentage of student activity reached 42.5 % . In the first cycle, the percentage of student activity increased to 57.5 % . In the second cycle the percentage of student activity increased to 81.67 %
The percentage of the initial observations of 42.5 % for the second cycle of 81.67 increased by 39.17 % . This increase is considered quite high and meet the standards set by the school that is 60 % .

Keywords : Improving Learning Activity , Role Playing Method , Thematic learning


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats