PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ash-shalihin Ketapang. Usaha pemecahan masalah menggunakan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriftif. menggunakan pendekatan Kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi studi Pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Studi pendahuluan dilakukan dalam pembelajaran mengamati media dan alat peraga dalam pembelajaran di kelas V Mis Ash-shalihin Ketapang untuk memperoleh refleksi awal.Tahap perencanaan dilaksanakan dengan merancang prosedur tindakan, menentukan sumber data,menentukan bahan tindakan dan menentukan bentuk pengamatan tindakan.Tahap pelaksanaan dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran atau pertemuan pada setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA : (1) pada siklus I perolehan hasil belajar dengan jumlah skor 2200 (73,3) dan siklus II jumlah skor 2660 (86,6) dengan tingkat keberhasilan 44,3%. Disimpulkan bahwa pengunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Aktivitas dan Hasil belajar, demonstrasi.
Abstract : This study aims to improve the activity and learning outcomes of students in learning science in Private Elementary School fifth grade Ash - Righteous Ketapang . Problem -solving efforts method demonstration . The method used in this research is descriptive method . Qualitative approach to the design of action research . The design of this research study include Introduction , planning, action , observation , and reflection . Preliminary studies carried out in the media to observe learning and teaching aids in class V Mis - Righteous Ash Ketapang to obtain reflection awal.Tahap planning actions carried out by designing procedures , determine the source of the data , determines the action and determine the shape of the material observation carried tindakan.Tahap implementation collaboration between researchers and teachers . Reflection is done at the end of each lesson or meeting on each cycle . Based on observations and reflections use demonstration method in teaching science : ( 1 ) in the first cycle of acquisition of learning outcomes with total score of 2200 ( 73.3 ) and cycle II total score of 2660 ( 86.6 ) with a 44,3 % success rate . It was concluded that the use of demonstrations in science teaching methods can improve the activity and learning outcomes of students .
Keywords : Activities and Results of learning , demonstration .
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats