PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan langkah-langkah pembelajaran Matematika menggunakan Pewndekatan Pemecahan masalah pada materi Operasi Bilangan Bulat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 Delta Pawan Ketapang dengan rumusan masalahumum nya, yaitu : apakah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika pada materi Operasi Bilangan Bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Delta Pawan Ketapang?
Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyeknya guru dan 20 orang siswa kelas V dan guru SDN 22 Delta Pawan Ketapang. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dilakukan dalam dua siklus tindakan. Dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari : tahap perencanaan tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dalam pelaksanaan setiap siklus tersebut digunakan teknik observasi langsung dengan alat pedoman observasi dan teknik dokumenter berupa alat tes.
Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika pada materi Operasi Bilangan Bulat efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Delta Pawan Ketapang.
Kata Kunci : Pendekatan Pemecahan masalah, Hasil belajar, Aktivitas, Pembelajaran Matematika.
Abstract : This study was conducted to determine the application of mathematics learning steps using the troubleshooting Pewndekatan material Integer Operations to improve the activity and student learning outcomes Elementary School fifth grade 22 Delta Pawan masalahumum Ketapang its formulation , namely, " whether the approach problem solving in learning Mathematics Operations on Integer material can improve learning outcomes fifth grade students of SDN 22 Delta Pawan Ketapang ? "
Form of research is Classroom Action Research . The subject teachers and 20 fifth grade students and teachers at SDN 22 Delta Pawan Ketapang . Classroom Action Research (CAR ) is done in two cycles of action . With each cycle consisting of phases : planning phase implementation stage , the stage of observation , and reflection phase . In each cycle of the implementation techniques used direct observation by means of observation and documentary techniques such as test kits .
The results of this study indicate that the use of general problem-solving approach to learning Mathematics Operations on Integer material effectively increase the activity and learning outcomes fifth grade students of SDN 22 Delta Pawan Ketapang .
Keywords : Problem solving approach , learning outcomes , activities , learning Mathematics.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats